RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Kelas XI Semester Genap

saripatipendidikan17.blogspot.com
RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Kelas XI Semester Genap


Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat Malam Rekan Guru Indonesia
Selamat datang di Blog RPP K13 Revisi 2017
Apa Kabar Rekan Guru indonesia ? Kali ini saya akan menmbahas tentang Perangkat Pembelajaran KURIKULUM 2013 REVISI 2017 Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Kelas XI Semester Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : MA 
Mata Pelajaran : Alqur’an Hadis
Kelas/Semester : XI/Genap
Materi Pokok : Kompetisi dalam kebaikan
Tahun Pelajjaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 45Menit

A. Kompetensi Inti

KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4:Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
👉 RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 revisi 2017
B. Kompetensi Dasar

KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

1.2 Menyadari pentingnya nilai-nilai kompetitif dan kerja sama dalam kebaikan
1.2.1 Menunjukan kesadaran terhadap pentingnya nilai-nilai kompetitif dan kerja sama dalam kebaikan

2.2 Membiasakan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas Surah Al-Baqarah: 148, Surah Al-Fathir: 32, An-Nahl: 97, dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
2.2.1 Menunjukkan perilaku kompetisi dalam kebaikan

3.2 Memahami ayat-ayatAl-Qur’an dan hadistentang kompetisi dalam kebaikan, yang terdapat dalam Surah Al-Baqarah: 148, Surah Al-Fathir: 32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
3.2.1 Membaca QS. al-Baqarah [2]:148, QS. Fatir [35]: 32; QS. an-Na?l [16]: 97; dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.

3.2.2 Menyebutkan makna mufradat QS. al-Baqarah [2]:148, QS. Fa?ir [35]: 32; QS. an-Na?l [16]: 97; dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
3.2.3 Menjelaskan kandungan QS. al Baqarah [2]:148, QS. Fa?ir [35]: 32; QS. an-Na?l [16]: 97; dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan

4.2 Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al-Qur`an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan Surah Al-Baqarah :148, Surah Al-Fathir: 32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah r.a
4.2.1. Menyajikan isi dan kandungan ayat Al-Qur`an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan Surah Al-Baqarah :148, Surah Al-Fathir: 32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah r.a
Download RPP Akidah Ahlaq Kelas 7 MTS Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran

Selama atau setelah mengikuti proses pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat:
  1. Peserta didik dapat membaca QS. Al-Anfal [8]: 72, QS. Al-Hujurat [49]: 12, QS. Al-Hujurat [49]: 10 dan Hadits tentang perilaku kontrol diri (mujahadtun-nafs), prasangka baik (husnuz-zann) dan persaudaraan (ukhuwah).
  2. Peserta didik dapat menyebutkan makna mufradat QS. Al-Anfal [8]: 72, QS. Al-Hujurat [49]: 12, QS. Al-Hujurat [49]: 10 dan Hadits tentang perilaku kontrol diri (mujahadtun-nafs), prasangka baik (husnuz-zann) dan persaudaraan (ukhuwah).
  3. Peserta didik dapat menjelaskan kandungan QS. Al-Anfal [8]: 72, QS. Al-Hujurat [49]: 12, QS. Al-Hujurat [49]: 10 dan Hadits tentang perilaku kontrol diri (mujahadtun-nafs), prasangka baik (husnuz-zann) dan persaudaraan (ukhuwah).
  4. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadtun-nafs), prasangka baik (husnuz-zann) dan persaudaraan (ukhuwah).
Download RPP Geografi Kelas XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran

1. Fakta
  • QS. al-Baqarah [2]:148
  • QS. Fatir [35]: 32
  • QS. an-Nahl [16]: 97
  • Hadis tentang kompetisi dalam kebaikan
2. Konsep

Kandungan Q.S. al-Baqarah: 148 meliputi :
Perintah untuk selalu giat bekerja dan berlomba-lomba dalam kebaikan.

- Perintah Agar selalu mempercayai bahwa setiap yang kita lakukan selalu diawasi oleh Allah SWT dan segala perbuatan yang kita lakukan akan mendapat balasan.

Kandungan Q.S. fatir:32 meliputi :

- Perintah untuk tidak mendzalimi diri sendiri.
- Perintah untuk mnjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangan-Nya.
- Perintah untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan kewajiban.

Kandungan Q.S. an-Nahl: 97 meliputi :

- Perintah untuk mencari rezeki yang halal dan baik agar hidup sejahtera penuh dengan keberkahan.
- Perintah untuk qana’ah terhadap segala pemberian Allah SWT.

3. Prinsip

Kandungan hadist meliputi perintah untuk segera bertaubat dan melakukan amal shaleh.

4. Prosedur

Menyajikan isi dan kandungan ayat Al-Qur`an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan Surah Al-Baqarah :148, Surah Al-Fathir: 32, An-Nahl: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah r.a

Baca Juga
👉 RPP Geografi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017

👉 RPP Ekonomi Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2017

👉 RPP Ekonomi Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017


E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, BerDiskusi, Melakukan Tanya jawab dan Memberikan Tugas
Download RPP Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran

1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Lembar penilaian
6. Laboratorium komputer sekolah atau warnet
7. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar

1. Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
2. Buku siswa Qur’an Hadits Kemenag
3. Buku Guru Qur’an Hadits Kemenag
4. Gambar/ video/ multimedia interaktif
5. Akses Internet yang sesuai kebutuhan
6. Sumber lain yg menunjang
Download RPP Tata Hidang Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
  • Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain Mengenai materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian

a. Pertemuan Pertama (Terlampir)

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a. Remedial
Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
Guru memberikan semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.

b. Pengayaan

Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik. Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.

Baca Juga Artikel Terkait
👉RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

👉 RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

👉RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

👉RPP Tematik Kelas 4 SD/MI Revisi 2017

👉RPP Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017


Jika ingin Mendaptakan RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Kelas XI Semester Genap bisa langsung klik form di samping atau klik link di bawah ini

https://sarpen.id/iqbal
https://sarpen.id/iqbal
https://sarpen.id/iqbal

sekian Ilmu yang bisa saya sahre mudah2an bermanfaat dan silahkan berkomentar untuk memperbaiki blog ini
dan untuk RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Kelas XI Semester Genap nya bisa di lihat di bawah ini atau download disini

0 Response to "RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Kelas XI Semester Genap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel