RPP Marketing Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap

RPP Marketing Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran       : Marketing
Bidang Keahlian    : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester    : X/Genap
Tahun Pelajaran     : 2018/2019
Alokasi Waktu       : 12 JP (3 Pertemuan)



A. Kompetensi Inti

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Marketing pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..

KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Marketing,
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Baca Juga
👉 RPP Ekonomi Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Materi Pembelajaran

3.9 Menerapkan strategi merek
3.9.1 Mendeskripsikan pengertian merek
3.9.2 Mendeskripsikan pengertian strategi merek strategi merek
4.9 Membuat merek
4.9.1 Merumuskan membuat merek
4.9.2 Menyusun evaluasi nilai merek 

C. Tujuan Pembelajaran 

Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat,Mendeskripsikan pengertian merek,Mendeskripsikan Pengertian strategi merek,Merumuskan membuat merek,Menyusun evaluasi nilai merekdengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

 ðŸ‘‰ RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran

Pengertian merek
Merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol/lambang, desain, warna, gerak atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensias i terhadap produk pesaing. Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian ciri-ciri,manfaat dan jasa tertentu kepada para pembeli. Merek yang baik juga menyampaikan jaminan tambahan berupa jaminan kualitas. Merek sendiri digunakan untuk beberapa tujuan, yaitu:

• Sebagai identitas, yang bermanfaat dalam diferensiasi atau membedakan produk suatu perusahaan dengan produk pesaingnya. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengenalinya saat berbelanja dan saat melakukan pembelian ulang.
• Alat promosi, yaitu sebagai daya tarik produk.
• Untuk membina citra, yaitu dengan memberikan keyakinan,
• jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen.Untuk mengendalikan pasar. 
Ada enam makna yang bisa disampaikan melalui suatu merek,Yaitu :

• Atribut
Sebuah merek menyampaikan atribut-a t ribut tertentu, misalnya Mercedez mengisyaratkan mahal, tahan lama, berkualitas, nilai jual kembali yang tinggi, cepat, dan sebagainya.

• Manfaat
Merek bukanlah sekedar sekumpulan atribut, karena yang dibeli konsumen adalah manfaat, bukannya atribut. Atribut harus diterjemahkan ke dalam manfaat-manfaat fungsional dan/atau
emosional. Misalnya atribut mahal dapat diterjemahkan ke dalam manfaat emosional seperti "Mobil ini dapat meningkatkan gengsiku". Atribut tahan lama dapat dicerminkan dalam manfaat fungsional seperti "Saya tidak perlu membeli mobil baru setiap beberapa tahun".

• Nilai-nilai
Merek juga menyatakan nilai-nilai produsennya. Contohnya Mercedes berarti kinerja tinggi, keamanan, prestise, dan sebagainya.

• Budaya
Merek juga mungkin mencerminkan budaya tertentu. Mercedes mencerminkan budaya Jerman, yaitu terorganisasi rapi, efisien,dan berkualitas tinggi.

• Kepribadian
Merek juga dapat memproyeksikan kepribadian tertentu. Apabila merek itu menyangkut orang, binatang, atau suatu obyek, apa yang akan terbayangkan? Mercedes memberi kesan pimpinan yang baik (orang), singa yang berkuasa (binatang), atau istana yang megah (obyek).

• Pemakai
Merek memberi kesan mengenai jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produknya. Misalnya kita akan heran bila melihat seorang sekretaris berusia 19 tahun mengendarai Mercedez. Kita cenderung menganggap yang wajar pengemudinya adalah seorang eksekutif puncak berusia separuh baya.Merek memegang peranan penting dalam pemasaran. Ada perbedaan yang cukup besar antara produk dan merek. Produk hanyalah sesuatu yang dihasilkan pabrik. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli konsumen. Bila produk bisa dengan mudah ditiru pesaing, maka merek selalu memiliki keunikan yang relative sukar dijiplak. Merek berkaitan erat dengan persepsi, sehingga sesungguhnya persaingan yang terjadi antar perusahaan adalah pertarungan persepsi dan bukan sekedar pertarungan produk. 

Pakar merek dari Universitas California di Berkeley (Amerika Serikat), David A. Aaker mengembangkan konsep ekuitas merek (brand equity). Inti konsep ini adalah bahwa sebuah merek bisamemiliki posisi sangat kuat dan menjadi modal/ekuitas, apabila merek tersebut memenuhi empat faktor utama, yaitu brand awareness (telah dikenal oleh konsumen), strong brand association (memiliki asosiasi merek yang baik), perceived quality (dipersepsikan konsumen sebagai produk berkualitas), dan brand loyalty (memiliki pelanggan yang setia).

Agar suatu merek dapat mencerminkan makna-makna yang ingin disampaikan, maka ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Merek harus khas atau unik.
2. Merek harus menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk danpemakaiannya.
3. Merek harus menggambarkan kualitas produk.
4. Merek harus mudah diucapkan, dikenali, dan diingat.
5. Merek tidak boleh mengandung arti yang buruk di negara dan dalam bahasa lain.
6. Merek harus dapat menyesuaikan diri (adaptable) dengan produk produkbaru yang mungkin ditambahkan ke dalam lini produk.
👉 RPP Ekonomi Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan


F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop/Komputer, aplikasi corel draw
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris 

👉 RPP Geografi Kelas XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

G. Sumber Belajar

1. Bahan Ajar Marketing Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

Salam Kenal saya iqbal dari PT. SariPati Pendidikan 
Kami lembaga penyedia perangkat pembelajaran K13 Revisi 2017
Ini adalah contoh mapel yang ingin ibu pesan atau bisa di buka untuk contoh lainnya di web kami yaitu 
atau bisa di klik link di bawah ini 


Untuk Pemesanan RPP Marketing Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap  Bisa Langsung Chat Whatts Apps Di No 081316614449

Terima Kasih Atas perhatiannya Dan Untuk Contoh RPP Marketing Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap  silahkan download disini atau di bawah ini sebagaimana terlampir

0 Response to "RPP Marketing Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel