6 Teknik SOFTEN Dalam Mengajar, No 3 Sering Dilupakan Oleh Guru !!

saripatipendidikan17.blogspot.com
Mengenal Teknik SOFTEN dalam Mengajar 


Guru yang memahami Teknik SOFTEN merupakan guru idola para siswa.

Mengajar itu bukanlah suatu perkara yang susah, tetapi juga bukan suatu perkara yang mudah. Mengajar itu mudah dan sangat menyenangkan Untuk guru yang banyak memahami teknik dan seni mengajar itu sendiri.

Teknik Soften dalam Mengajar

Salah satu teknik yang sering terlupakan oleh Kebanyakan guru Yaitu Teknik SOFTEN (Smile, Open Gesture, Forward lean, Touch, Eye contact, Nod).

Teknik soften ini biasanya digunakan oleh Beberapa orang yang bergelut di dalam dunia bisnis, khususnya dalam melakukan negosiasi. Menurut para psikologi jika seseorang berbicara menggunakan teknik ini dapat membuat lawan bicara akan merasa nyaman dan merasa dihargai.
Bagaimana bisa di adopsi dalam mengajar?
Ya... para guru yang mengajar di daerah perkotaan terutama di sekolah yang mengutamakan pada pelayanan demi kepuasan siswa dan orangtua biasanya dianjurkan mengadopsi teknik soften dalam mengajarnya.

Mari kita bahas teknik ini satu per satu:

1. Smile (Senyum) 😊
Guru dianjurkan mengajar sambil tersenyum. Kebiasaan senyum ini masih banyak dianggap susah πŸ€”Tapi ya sih memang susah, hehehe.
Memang sulit untuk membiasakan tersenyum bagi guru yang belum terbiasa tersenyum. Senyumlah, latihkan diri untuk senyum selama tiga detik. Ingat ya! terSenyum selain dapat memberikan kenyamanan kepada siswa juga sebagai nilai ibadah bagi kita 😊

2. Open Gesture (Terbuka) πŸ™‹πŸ»‍♀
Open Gesture ini Sering diartikan sebagai terbuka pada materi yang dibicarakan. Kita sebagai guru menerima kritikan dan masukan dari seorang siswa untuk memperbaiki diri kita sebagai guru dalam proses pembelajaran yang kita lakukan. Ada juga yang menyatakan bahwa open gesture yang dimaksud adalah kita berbicara/mengajar dengan tangan terbuka, berekspresi, dan tidak kaku seperti melipatkan tangan di depan dada.

3. Forward lean (membungkuk ke arah depan) πŸ€—
Jika pada saat kegiatan belajar dan mengajar ada siswa yang sedang bertanya, dekatkan dan bungkukkan badan kita ke arahnya. Ini sebagai tanda bahwa kita siapp dan mendengar apa yang mereka tanyakan.
Download RPP Sistem Komputer Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
4. Touch (Sentuh) ✋
Berikan apresiasi berupa sentuhan kepada siswa Anda, seperti usapkan kepala atau bahunya sambil bilang: "Wah... pintar kamu" πŸ‘

Biasanya anak yang kinestetik suka saat disentuh.
Tapi ingat!!!
Anda harus tahu umur dan tempat yang disentuh. Jangan sampai menyetuh bagian-bagian pribadi siswa 😬.
Tahu kan yang saya maksud???

5. Eye contact (Tatap Mata) πŸ‘
Pandanglah siswa kita dengan rasa sayang. Lihat matanya lalu baca apa yang ada di dalam hatinya. Memandang yang baik adalah selama 3 detik. Setelah 3 detik anda menatap mata siswa palingkan tatapan Anda ke siswa lain atau objek lain seperti papan tulis atau gambar yang sedang Anda jelaskan.

6. Nod (mengangguk)
Jika siswa Anda sedang berbicara/menjelaskan/mengungkapkan pendapatnya. Anda dengarkan, dan anggukan kepala Anda sebagai tanda bahwa Anda mendengarkan πŸ‘‚ dan mengerti apa yang dia utarakan. Siswa akan merasa lebih dihargai jika kita memberikan anggukan saat dia mengutarakan pendapatnya.

Artikel Terkait Lainnya
πŸ‘‰ RPP Geografi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017
πŸ‘‰ RPP Ekonomi Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2017
πŸ‘‰ RPP Ekonomi Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Itulah teknik soften secara sederhana.
Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya πŸ™

0 Response to "6 Teknik SOFTEN Dalam Mengajar, No 3 Sering Dilupakan Oleh Guru !!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel